Pertemuan Ke-2.

  • Format Plain Text

cara membuat sebuah dokumen plain text pada mc.word (materi yang baru saya dapatkan tadi pagi saat mata kuliah pengantar komputer) ini adalah proposal skripsi.
hal-hal yang perlu di lakukan adalah:
1. buka dokumen mc.word

2. klik styles. dan blok semua tulisan dengan (ctrl + A)

(jika tidak menemukan styles, klik tanda panah kebawah dipojok kiri atas word (quick toolbar), tambahkan commands, style, dll.)Image

ImageImage

-klik command style yang sudah terpasang dipojok kiri atas,
blok semua tulisannya, klik clear all. kemudian berubah menjadi normal. style bisa diganti nama menjadi plain text

Image

buang spasi yang lebih sari satu. semua jadi spasi biasa. terus nomor pada bab dan sub bab dihapus, sama tulisan Chapter/ bab dihapus

  • Penggunaan Heading Style

Heading digunakan untuk mempermudah kita ketika menulis sebuah buku, makalah/paper, laporan, atau artikel. Jika kita menggunakan heading style, dokumen yang kita buat akan lebih rapi. Saat kita menulis buku, kita tidak perlu menulis daftar isi secara manual, cukup dengan beberapa kali klik.

Heading 1 biasa digunakan untuk penulisan nama bab, Heading 2 biasa digunakan untuk penulisan nama subbab, Heading 3 digunakan untuk penulisan subsubbab, dst.

Sekarang, mari kita mulai bagaimana cara menggunakan heading ini. Contohnya, jika kita ingin menulis nama bab. (lihat pada Gambar 1). Microsoft Word yang saya gunakan adalah Microsoft Word 2010.

Letakkan kursor di nama bab.

Kemudian pada menu Home (kotak merah), cari kolom Styles (kotak hijau).

Pada kolom tersebut terdapat Quick Styles yang bisa langsung digunakan. Langsung saja pilih Heading 1 atau tekan ctrl+alt+1. Jika ingin mengubah tema styles, silakan klik Change Styles (lingkaran kuning).

Image

Gambar 1. Contoh penggunaan Heading 1 pada penulisan nama bab

Begitu pula jika kita ingin menulis judul subbab. Pilih saja Heading 2. Jika pilihan Heading 2 tidak ada pada tampilan Quick Style, klik tombol panah yang ada di samping pilihan Quick Style (lingkaran biru) seperti Gambar 2. Shortcut untuk Heading 2 adalah ctrl+alt+2. Shortcut untuk Heading 3 adalah ctrl+alt+3.

Image

Gambar 2. Quick Styles

Untuk paragraf biasa, pilih style Normal.

Jika semua judul bab, subbab, subsubbab, dst. sudah diatur menggunakan style, maka kerangka tulisan akan terlihat pada Navigation Pane. Navigation Pane ini mempermudah kita jika kita ingin mencari sesuatu dalam tulisan. Untuk memunculkan Navigation Pane ini, klik menu View (kotak merah pada Gambar 3) kemudian ceklis Navigation Pane (kotak hijau). Navigation Pane pun akan muncul di sebelah kiri dokumen (kotak biru).

Image

Gambar 3. Navigation Pane

Sekarang, mari kita buat daftar isi secara otomatis.

Letakkan kursor pada halaman daftar isi.

Pada menu References (kotak merah Gambar 4), klik Table of Contents dan pilih jenis daftar isi sesuai selera. Daftar isi secara otomatis muncul pada dokumen.

Image

Gambar 4 Daftar isi

Jika suatu saat halaman berubah, kita bisa meng-update daftar isi hanya dengan menekan tombol F9 pada keyboard.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s