Pertemuan Ke-1.

  • Tugas U1, U2, dan U3.

            Pada awal pertemuan akan dijelaskan tentang sistem perkuliahan yang digunakan pada mata kuliah ini. Adapun hal-hal penting yang terkait dengan sistem perkuliahan yakni pembagian tugas. Yang mana disetiap pertemuan mahasiswa akan diberikan beberapa materi untuk diringkas kemudian disalin ke blog (wordpress) masing-masing. Pengisian blog dilakukan setiap minggu selama sepuluh kali pertemuan. Tugas untuk mengisi blog ini dijadikan sebagai bahan U1, dengan kata lain, tidak ada Ujian pada tahap pertama karena telah digantikan dengan tugas untuk mengisi blog pada tiap kali pertemuan. Untuk tugas U2, mahasiswa diwajibkan untuk membawa proposal skripsi sebagai bahan ujian untuk diedit kemudian dipost ke blog masing-masing, proposal tersebut minimal tiga BAB yang terdiri dari :

BAB I   : Pendahuluan.

BAB II  : Pembahasan.

BAB III : Penutup (Kesimpulan dan Saran).

Pada Ujian tahap tiga atau U3, ditugaskan untuk membuat File dalam bentuk Microsoft Excel, Ms. Power Point yang berkaitan dengan U1 dan U3. Itulah gambaran umum tentang sistem perkuliahan yang digunakan pada mata kuliah Introduction to Computer.

  • Ms. Word.

Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

  •  Quick Access Toolbar.

 

 Image

(Gambar 1 )

Quick Access Toolbar adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan akses perintah-perintahyang umum kita gunakan. Fitur ini terdapat pada samping tombol Office Button di bagian kiri atas. Untuk mengurangi, cukup klik kanan pada Quick Access Toolbar tepatnya pada tombol yang diinginkan, lalu pilih Remove from Quick Access Toolbar. Sedangkan untuk menambahkan, tidak kalah mudahnya. Karena untuk menambahkan biasanya diambil dari tombol lain, maka tentukan tombol yang diinginkan terlebih dahulu. Misal, ingin ditambahkan tombol/cek view ruler yang ada pada ribbon view, maka buka View terlebih dahulu, kemudian klik kanan pada tombol Ruler, pilih Add to Quick Access Toolbar. Maka secara otomatis tombol toolbar mini ini akan bertambah menjadi seperti Gambar 1. Sehingga (berdasarkan contoh ini) kapanpun dapat ditampilkan Ruler,  tanpa harus membuka dan mencari di ribbon View terlebih dahulu.

 

(Quick Access Toolbar + Ruler)

Cara ini dapat diterapkan pada tombol lain yang diinginkan, semudah: klik kanan & Add.

Catatan:

Quick Access Toolbar dapat juga ditambahkan sesuai dengan beberapa tombol yang telah disediakan. Cukup klik kanan pada tombol panah di samping kanannya, kemudian pilih sesuai yang diinginkan. Lihat Gambar 2.

 Image

(Gambar 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s