Menuju NTB Bersaing

“Menuju NTB Bersaing”

Dalam rangka mencapai Visi Pembangunan NTB 2009-2013 “TERWUJUDNYA MASYARAKAT NTB YANG BERIMAN DAN BERDAYA SAING” sebagai ultimate goal, telah ditetapkan lima misi dengan delapan tujuan serta 33 sasaran. Dalam kaitan upaya pencapaian visi tersebut, maka perlu disusun pentahapan pembangunan sebagai tahapan antara dalam pencapaiannya. Tahapan pembangunan NTB selama kurun waktu 2009-2013, terbagi dalam tiga tahapan:

A. TAHAP ORIENTASI DAN KONSOLIDASI

     Merupakan tahapan untuk menyambung, melanjutkan dan menajamkan capaian rencana strategis Provinsi NTB tahun 2003-2008, serta strategi dan pencapaian pembangunan masa sebelumnya sebagai dasar pembangunan lima tahun ke depan (2009-2013), dengan mengacu pada RPJPD Provinsi NTB tahun 2005-2025 dan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur terpiih.

Pada tahap ini, diupayakan pemanfaatan secara optimal potensi yang telah terbangun pada tahap sebelumnya, dan upaya meletakkan landasan yang lebih kokoh untuk berkembangnya ekonomi kerakyatan berbasis desa yang sinergis dengan pengembangan ekonomi perkotaan, serta tercapainya kondisi sosial-budaya, politik dan keamanan yang kondusif.

Tahapan ini terutama untk mendukung tercapainya hal-hal berikut:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia NTB di segala bidang dengan didasari keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Meningkatkan kemampuan, kompetensi dan profesionalisme aparatur pemerintah Provinsi NTB dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yang diarahkan kepada pelayanan serta peningkatan kemampuan masyarakat;
  • Memanfaatkan potensi lokal melalui kerjasama regional antar wilayah guna mendukung pengembangan ekonomi daerah guna meningkatkan daya tarik investasi;

B. TAHAP PERCEPATAN PENCAPAIAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (2010-2011)

 

    Pada Tahap ini diupayakan akselerasi atau peningkatan kecepatan penanganan pembangunan serta pencapaian berbagai target indikator kinerja yang telah ditetapkan, termasuk pengawalan secara ketat berbagai program prioritas dan terobosan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

Pada tahap ini harus terjadi peningkatan kualitas pelayanan pemerintah daerah menuju pada pelayanan prima sebagai perwujudan clean and good governance.Transparansi dan efisiensi menjadi pertimbangan utama dalam pemberian pelayanan, sehingga Electronic Government (E-Gov) menjadi pilihan dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

Tahapan ini terutama untuk mendukung tecapainya hal-hal berikut:

  • Jaminan pencapaian target pelayanan sosial dasar, khususnya pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat miskin;
  • Terbukanya peluang yang proporsional bagi aktualisasi kaum perempuan serta jaminan perlindungan terhadap kepentingan perempuan dan anak dalam berpartisipasi pada proses pembangunan;
  • Pengembangan usaha-usaha ekonomi produktif dalam berbagai sektor sebagai upaya membuka kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat, yang selanjutnya dapat menekan angka pengangguaran dan kemiskinan;
  • Terbukanya akses dan ketersediaan layanan infrastruktur pada beberapa kawasan potensial dan strategis yang sebelumnya sulit dijangkau, dalam rangka menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga menarik minat investor baik dari dalam maupun luar negeri.

 

C. TAHAPAN PERWUJUDAN NTB BERSAING (2012-2013)

     Tahap ini adalah tahap terakhir yang merupakan tahap perwjudan visi masyarakat Nusa Tenggara Barat yang Beriman dan Berdayasaing (NTB BERSAING). Terwujudnya NTB Bersaing diatandai dengan tercapainya indikator-indikator agregatif pembangunan daerah yaitu meningkatnya IPM. Selain itu ditandai pula pencapaian berbagai target indikator kinerja, seperti semakin kecilnya kesenjangan antar kawasan dan sektoral, semakin tingginya nilai tukar petani, semakin tingginya kesetaraan gender dan keberdayaan perempuan, semakin meningkat dan stabilnya pertumbhan daerah, menurunnya angka inflasi, menurunnya pengangguran, serta berkurangnya penduduk miskin. Tahapan ini terutama untuk mendukung terwujudnya masyarakat NTB yang berdaya saing(competitive), yang mengarah kepada kemandirian dalam seluruh aspek kehidupan, melalui peran aktif pemerintah, swasta dan masyarakat.

 

Meskipun masing-masing tahapan mendukung tercapainya tujuan tertentu, namun bukan berarti tujuan tersebut diupayakan dan ditntaskan pada tahap yang bersangkutan, namun hal tersebut hanya merupakan pemusatan perhatian(focussing). Masing-masing upaya pada setiap tahapan merupakan satu kesatuan untuk mendukung tercapainya NTB BERSAING dalam kurun waktu 2009-2013.                   

(sumber : RPJMD Provinsi NTB 2009-2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s