Pidato Sambutan HAUL ARRAHMAH NW PRINGGARATA

Semulia-muliamu padaKu ialah yang paling banyak memberikan manfaat kepada Nahdlatul Wathan

Dan sejahat-jahatmu padaku ialah yang paling banyak merusak perjuangan Nahdlatul Wathan

Wasiat Al-Maghfurullah Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin AM.

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Yang mulia PBNW, Ummuna Dr, H,C Hj. Siti Raihanun Zainuddin AM.

Yang mulia Massyaikhul Ma’had DQH Al-Majidiyah As-Syafi’iyah NW Anjani Lotim.

Yang terhormat Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Loteng.

Yang terhormat Bapak Kepala Kantor Pendidikan Pemuda & Olahraga.

Yang terhormat Bapak Camat Pringgarata.

Yang terhormat para Dewan Guru beserta para Ustadz-Ustadzah.

Yang saya cintai & sayangi Adik-adik Santri/Wati Pondok pesantren Arrahmah NW Pringgarata.

Dan yang sama-sama kita banggakan Pimpinan Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata, Kanda Khaeril Anwar, SH.

Singkatnya para tamu undangan yang dirahmati oleh Allah.

OPENING

Yayasan Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata sebagai salah satu lembaga Pendidikan yang berbasis keagamaan di Kec. Pringgarata, menjadi tolak ukur bagi kita semua/masyarakat umum untuk mengkader para santri/wati yang memiliki pengetahuan luas serta pengamalan iman dan taqwa yang mantap agar menjadi orang yang berakhlaq lokal namun berfikiran yang global.

Diusianya yang ke-25 tahun ini Arrahmah NW Pringgarata telah banyak mencetak para Alumni-Alumninya sejak tahun 1987 yang Alhamdulillah ada yang sudah mencapai kesuksesan dan ada pula yang masih dalam proses untuk mengejar kesuksesannya. Arrahmah juga telah banyak memberikan kontribusi pada masyarakat luas melalui kader-kadernya dalam skala lokal maupun nasional.

Yang walaupun begitu, bukan berarti cobaan dan rintangan tak pernah dihadapi, sejak awal dibangun sampai saat ini, sudah banyak batu-batu besar yang pernah diterjal dan kerikil-kerikil tajam yang harus dilewati, sampai pada saat Pondok Pesantren ini harus kehilangan para Pahlawan-pahlawannya, para pejuang-pejuangnya yang t’lah bersusah payah mengorbankan jiwa, raga, harta dan bendanya untuk madrasah tercinta ini. Memang, beliau-beliau itu bukanlah orang-orang berdasi dengan jas almamaternya yang rapi, bukanlah pula para pejabat yang duduk dikursi empuk kekusaannya. Namun beliau-beliau itu adalah para amaq Kangkung yang tak tahu akan istilah Kolusi dan Nepotisme, berkat kegigihan beliau-beliau itulah Yayasan Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata ini dapat berdiri didesa ini. Bukan karena harta yang melimpah dan bukanlah pula karena jabatan yang tinggi, tapi karena keikhlasan dan pengabdianlah yang memotivasi beliau-beliau itu untuk terus ikhlas dan istiqamah berjuang.

Mungkin saat ini beliau-beliau itu tidak dapat hadir dan duduk disisi kiri dan kanan kita, namun saya sangat yakin sekali beliau hadir dan datang menemani kita semua kedalam jiwa kita khususnya para keluarga besar Yayasan Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata. Apresiasi yang setinggi-tingginya tiyang sampaikan mewakili yang lain kepada Para Pejuang Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata melalui kesempatan ini, untuk itu tiyang mohon kepada kita semua untuk ikhlas membacakan Fatihah kepada beliau. Dengan niat yang sama, marilah kita bacakan fatihah satu kali sebagai tanda apresiasi kita semua, (Al-Faatihah). Terima Kasih.

Adapun organisasi Himpunan Keluarga Besar Alumni  Arrahmah NW Pringgarata atau yang biasa kita sebut dengan HIKMAH NW terbentuk pada hari Jum’at tanggal 23 Desember 2011 yang lalu dan dilantik pada hari Sabtu 24 Desember 2011 oleh Kanda Khaeril Anwar SH selaku Pimpinan Pondok Pesantren. Dan penamaan dari Oragnisasi ini bukan tidak memilik dasar, selain Kami berharap melalui Organisasi ini dapat memberikan HIKMAH yang nyata bagi Kita semua terlebih bagi Para Keluarga Besar. Penamaannyapun sengaja kami usulkun kepada Saudara-saudara saya dalam jajaran Pengurus Organisasi ini, yang kami ambil dari nama Mobil Truck yang dimiliki oleh Ayahanda Alm. H. Nasrudin yakni AL-HIKMAH, yang merupakan salah satu Maskot Kebanggaan dari Keluarga Besar Pondok Pesantren ini.

Yang menjadi dasar terbentuknya HIKMAH NW Pringgarata adalah karena kesadaran kami bahwa, telah banyak yang diberikan oleh Madrasah ini kepada Kami semua selaku para Alumninya, karena melalui Pondok Pesantren inilah kami bisa merangkak dan berdiri didepan ini. Tidak hanya itu, kami juga memiliki keinginan yang tinggi untuk bagaimana bisa mengulang kejayaan dan kesuksesan dari Pondok Pesantren kebanggaan kita semua ini.  Mungkin, kami tidak bisa memberikan suatu hal yang besar dan luar bisa untuk memajukan dan mengembangkan madrasah, tapi kami berusaha untuk merealisasikan hal kecil ini melalui event peringatan Tasyakkuran Hari Ulang Tahun Pondok Pesantren Arrahmah NW Pringgarata yang Ke-25 sekaligus sebagai ajang Silaturrahmi Akbar bagi para Alumni dan Kader-kader Arrahmah tercinta. Tak banyak memang yang dapat kami berikan dan hasilkan, tapi paling tidak kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik dan semampu kami untuk berjuang melalui bidang kami masing-masing.

Melalui HIKMAH NW Pringgaratalah sebagai kendaraan kami untuk ikut berjuang dan terus mengembangkan Pondok Pesantren ini sebagai salah satu lembaga yang bersifat independen dibawah naungan Yayasan Arrahmah NW Pringgarata. Memang HIKMAH NW Pringgarata adalah suatu hal yang baru dan masih kecil, karena Kami baru berdiri, tapi walaupun begitu, Kami tidak mau kalah dengan mereka yang sudah bisa berlari.

Saya mewakili saudara-saudara saya yang lain mengucapkan banyak terima kasih kepada para Ustadz-Ustadzah yang telah menjadikan kami sebagai orang yang memiliki derajat diantara makhluk-Nya yang lain, karena melalui ilmu pengetahuan yang diberikan, Insya Allah kami bisa berguna bagi orang sekitar kami. Kepada Bapak/Ibu Kepala Madrasah kami haturkan terima kasih atas bantuan dan motivasinya selama ini. Dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya pun kami sampaikan kepada Kanda Khaeril Anwar, SH, sebagai Kakak kami, mentor dan juga salah satu pendidik kami yang tak pernah ada bosannya memberikan kontribusi dan motivasinya kepada kami semua setiap waktu dan setiap saat, sehingga kami dapat dijerumuskan kejalan yang benar.

Kesuksesan acara ini pun tak terlepas dari pengorbanan dan perjuangan para panitia dan sekaligus Saudara-Saudara saya dan Kakak-kakak saya. Terima kasih Kanda Ahmad Tohir Usman, S,Pd, Terima Kasih Kanda Ihya Ulumuddin Al-Khairy QH, S,Hi, dan Kakak saya Akhmad Yani, S,Pd beserta semua jajaran kepanitiaan yang tak bisa saya sebutkan satu-persatu. My special thanks kepada Saudara saya M. Imamuddin yang telah meluangkan banyak waktu dan tenaganya untuk membantu saya dan t’lah setia mendampingi kami dalam membawa roda organisasi HIKMAH NW Pringgarata sebagai Sekretaris Jendral dalam Organisasi kecil ini.

Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada kita semua, karena berkat kita semualah Acara ini dapat Sukses dan berjalan dengan lancar, walaupun banyak halang rintang yang sudah dan akan dihadapi. Permohonan maaf yang sebesar-besarnya saya sampaikan, karena mungkin dari awal penyelenggaraan sampai saat nanti, banyak kesalahan yang t’lah diperbuat. Itu semua bukan karena disengaja, tapi itu hanyalah suatu proses pembelajaran yang sedang kami jalani untuk lebih baik kedepannya.

Dan yang terakhir kepada Adik-adik saya Santri-Santriwati secara umum, terlebih kepada Adik-adik yang t’lah menamatkan ibrohnya dibangku Pondok Pesantren ini. Jangan pernah berhenti untuk beusaha dan berdo’a karena melalui hal itulah kita dapat menjadi orang yang lebih baik. Jangan berhenti sampai disini, perjalanan kita masih panjang saudara-saudaraku, Saya pribadi dan kita semua masih sedang berjuang untuk mengarungi samudera kita masing-masing menuju dermaga kesuksesan diujung sana. Terjatuh itu adalah hal yang Biasa namun Berusaha untuk bangkit merupak hal yang sulit dan Luar Biasa.

Sebagai penutup, saya akan memberikan sebuah hadiah kepada diri saya pribadi dan khususnya kepada Adik-adik dalam sebuah rangkaian kata-kata motivasi   :

Kepada Saudara-saudaraku disana, yang sedang mengarungi luasnya Samudera Ilmu Pengetahuan.

Kepada Sudara-Saudaraku disana yang sedang menapakkan kakinya disepanjang jalan untuk mengejar Kesuksesan.

Dan kepada saudara-saudaraku disana yang sedang ,mendaki tingginya gunung untuk menggapai impian.

                        Kau yang Muda, Kau yang memotivasi dan Kaulah yang menginspirasi.

                        Janganlah menjadi orang yang hanya mengharapkan,

                        Tapi, jadilah yang diharapkan.

                        Janganlah menjadi orang yang hanya dihitung,

                        Tapi, jadilah yang diperhitungkan.

                        Dan janganlah Kamu menjadi orang yang hanya menonton kesuksesan orang lain,

                        Tapi, jadilah orang yang ditonton atas kesuksesanmu sendiri.

Dan Dengan Rintihan Saya Menulis Kata-Kata IniImage 

SEKIAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s