MANFAAT INTERNET DALAM DUNIA USAHA

        I.            Artikel E-Business.

1)       “Manfaat Internet Dalam Dunia Berwirausaha” 

Dalam dunia kerja, internet memiliki banyak sekali manfaat dalam mendukung kegiatan proses bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang menolak untuk menggunakan teknologi internet akan terlihat ketinggalan jaman serta menolak untuk melakukan efisiensi. Dengan internet, semua akan terasa lebih mudah, di samping juga ada resiko-resikonya. Selama pimpinan kantor bisa melakukan kontrol penggunaan internet, maka masalah-masalah yang ada akan bisa dikendalikan.

Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :

1. Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah

2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi

3. Bisa Menjual Barang Secara Online

4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat

5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai

6. Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet

7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri

8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber

9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor

10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang

Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan.

Adapun Manfaat Lain Internet Dalam Dunia Wirausaha     :

Internet saat ini digunakan oleh siapa saja. Tak hanya bermanfaat dalam bidan pendidikan, manfaat internet bagi dunia usaha juga sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis. Diera globalisasi yang penuh persaingan seperti sekaran ini, para pelaku bisnis harus pintar-pintar menjalankan bisnis mereka.

Disinilh peran internet dibutuhkan. Banyak yang mengaku bahwa internet adalah teknologi yang sangat berpengaruh pada bisnis yang sedang dijalankan. Tak sedikit pula pebisnis yang sangat sukses berkat bantuan internet.

Manfaat internet bagi dunia wirausaha

Berikut ini adalah beberapa contoh kegunaan internet dalam dunia usaha:

1.    Internet adalah teknologi yang diciptakan sumber informasi. Dengan adanya internet, banyak para pebisnis yang bisa mencari informasi apapun yang berhubungan dengan bisnis mereka

Misalnya seorang yang memiliki usaha makan kaleng ia bisa mencari pengetahuan tentang apa saja yang dibutuhkan. Entah itu bahan, cara pengolahan maupuin bagaimana memasarkannya.

2.    Internet idak hanya membantu  para pebisnis yang sudah lama terjun dalam bidang ini. Para pemulapun bisa memulai tertarik berwirausaha bila mendapatkan pengetuhuan tentang bisnis. Hal ini tentu akan menambah maraknya dunia bisnis di indonesia.

3.    Manfaat internet dalam bidan dunia bisnis adalah bisa memudahkan para pebisnis untuk memasok barang yang menjadi komoditi bisnis mereka. Misalanya ada seseorang yang bisnisnya dalam bidan fashion  dan ingin menambah koleksi dengan membeli barang import.nia bisa saja menggunakan  jasainternet untuk mencari informasi dan memesang barangdari luar negeri .

4.    Manfaat internet bagi dunia usaha tak hanya dirasakan oleh para pebisnis yang berperan sebagai produsen. Tapi juga dirasakan oleh para konsumen secaratidsak langsung bila dunia usaha maju para konsumenpun akan lebi9h mudah mendapatkan barangberkualitas yang mereka inginkan.

5.    Tak hanya para konsumen secara tidak langsung manbfaat internet bagi dunia usaha kuga berpengaruh pada bpekerja. Misalnya suatu perusahaan yang maju berkat adanya internet tentu akan mempengaruhi taraf hidup para pekerjanya

2)    “Manfaat Internet untuk Dunia Bisnis”

Oleh : Fadjar Efendy Rasjid

Judul di atas kemungkinan sudah tidak asing lagi bagi para pembaca. Semua orang sebagian besar tentu sudah mengerti apa itu Internet, ya Internet (Inter-Network) adalah interkoneksi antar jaringan komputer sedunia yang dapat saling bertukar informasi. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chatting), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), Social Media (twitter, facebook, friendster, linkedin) dan aneka layanan lainnya.

Banyak perusahaan, terutama yang menerapkan perdagangan online, telah mengintegrasikan situs Web mereka dengan sistem back-office seperti database, paket akuntansi dan kontrol stok dan penelusuran pelanggan mereka. Hal ini dapat mengurangi biaya administrasi dan meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi yang cepat dan mudah tentang kemajuan order kepada pelanggan.

Berikut contoh macam-macam bisnis yang dapat dilakukan melalui media Internet :

  • Menjual Produk : Jika anda mempunyai produk bisa dipasarkan melalui website yang telah dibuat, kemudian diiklankan melalui media internet.
  • Menjual Informasi : Jika anda mempunyai informasi yang berharga dan tidak banyak orang tahu, maka informasi tersebut bisa anda jual. Produk bisa dikemas dalam bentuk ebook.
  • Pemasaran Online : Anda bisa menjual produk orang lain melalui website anda. Sebuah perusahaan bisa memasarkan produk atau jasa tanpa menggunakan teknik pemasaran tradisional seperti brosur, surat dan iklan di surat kabar.
  • Menjual Program/software yang bermanfaat : Jika Anda adalah seorang programer komputer yang ahli, maka Anda pun bisa menjual Software buatan Anda tersebut lewat jalur internet. Misalnya, software untuk mengirimkan iklan baris ke ratusan bahkan ribuan situs iklan baris hanya dengan satu kali klik, dsb.
  • Kursus Online : Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang bahasa, anda bisa mengajarkan kursus online lewat website
  • Jika Anda adalah seorang penulis buku, maka Anda bisa menjual hasil karya Anda di Toko Buku Online.
  • Web hosting dan menjual kembali paket web hosting.
  • Menjual nama domain.
  • Membeli, mengembangkan dan menjual website.
  • Membangun komunitas online seperti forum, dating dan situs jejaring sosial.

1)       “Manfaat Internet dalam Dunia Usaha”

Big rambut. Empuk bahu. Faxing. Semua hal yang populer pada 1980-an bahwa hari ini membuat kita bertanya-tanya apa yang kami pikirkan. Benar? 
Tidak cukup. Sementara dua pertama mungkin telah dilempar pada tumpukan potongan ide-ide buruk, fax tetap menjadi bagian penting dari dunia bisnis. Meskipun popularitas yang luas dari yang 90-penemuan – email – fax masih digunakan setiap hari untuk mengirim dokumen dengan cepat dan aman. 
Satu hal yang telah berubah, bagaimanapun, adalah cara faks yang dikirim dan diterima. Sementara mesin faks pada dasarnya kembali satunya pilihan di era 80-an, hari ini lebih banyak pengguna yang memilih layanan faks Internet. 
Layanan Internet faks adalah jauh lebih cocok dengan cara bisnis dilakukan di milenium baru. Berikut ini adalah beberapa contoh hal layanan faks Internet dapat melakukan itu mesin fax tidak bisa. 

  • Coba Anda pergi mobile. Bila Anda menggunakan mesin fax, Anda cukup banyak terikat ke mana pun mesin berada. Jika Anda keluar kantor dan faks penting datang, Anda harus kembali ke kantor atau memiliki seseorang meneruskannya ke komputer lain lebih dekat dengan Anda. Dengan layanan internet fax, fax yang dikirim dan diterima melalui account email Anda – yang berarti di mana saja Anda bisa mendapatkan koneksi Internet. Dan pada perangkat apapun, termasuk ponsel pintar Anda.
  • Meningkatkan privasi. Mesin Fax umumnya duduk di area umum sejak mereka biasanya bersama oleh seluruh departemen atau kantor. Jika Anda menerima faks, siapa pun yang melintas dapat membacanya. Karena Internet memberikan layanan faks fax langsung ke email Anda dalam kotak, informasi yang dikandungnya bersifat rahasia.
    • Meningkatkan keamanan. Sebuah layanan internet yang baik faks menambahkan lapisan tambahan keamanan dengan enkripsi pesan, mencegah mereka dari yang disadap oleh pihak yang tidak bermoral. Ini enkripsi ditambahkan adalah keuntungan lebih dari mengirim dokumen melalui email.
    • Jauhkan tim informasi. Jika Anda bekerja dengan tim dan semua orang perlu melihat dokumen, harus ada yang membuat dan mendistribusikan salinan. Jika beberapa anggota tim berada di luar kantor pada saat itu, mereka tidak akan melihat sampai mereka kembali. Layanan Internet faks memungkinkan Anda untuk menentukan pengiriman simultan faks ke beberapa alamat email, meyakinkan setiap orang memiliki informasi yang mereka butuhkan.
    • Jauhkan faks terorganisir dan tersedia mesin Fax menghasilkan faks kertas yang bisa mendapatkan salah disampaikan, dikubur di atas meja, atau dibuang..Setelah faks itu hilang, memperoleh salinan lain bisa sulit. Karena layanan Internet faks mengirimkan file elektronik, faks dapat disimpan pada hard drive atau server di mana mereka dapat ditarik dengan cepat kapan saja. Sebuah layanan internet yang baik faks juga akan arsip faks selama beberapa bulan sampai satu tahun.
    • Mengurangi biaya dan dampak lingkungan. Operasi mesin fax bisa mahal. Ada biaya mesin itu sendiri, ditambah sambungan telepon khusus, biaya per panggilan jika pada kertas bebas pulsa, nomor, toner dan listrik untuk tetap siap untuk mengirim dan menerima fax 24 × 7. Layanan faks Internet menghilangkan hampir semua biaya tersebut sepenuhnya, dan membatasi biaya kertas untuk faks yang Anda memilih untuk mencetak – semuanya hanya beberapa dolar sebulan. Sebagai bonus tambahan, penghematan kertas dan energi juga membantu Anda membuat kantor Anda sedikit lebih hijau.

    Mari kita hadapi itu – mesin fax hanya 1980 lebih. Jika Anda masih menggunakan satu, saatnya untuk memasukkannya ke dalam loteng sebelah legwarmers Anda dan pindah ke layanan Internet faks sebagai gantinya.

    1)        “Manfaat Internet dalam Berbisnis”

     

    Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.

    Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:

    *) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan 
    Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.

    *) Analisa produk dan pasar 
    Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!

    *) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya 
    Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.

    *) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja 
    Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan 
    tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.

    *) Akses informasi dan penyebaran informasi 
    Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.

    *) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah 
    Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.

    *) Peluang bisnis baru 
    Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula 
    dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.

    Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis.

    Beberapa alasan mengapa para profesional memanfaatkan WWW sebagai media bisnis:

    *) Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.

    *) Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.

    *) Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas 
    *) Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.

    *) Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.

    *) Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu

    *) Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi

    *) Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan 
    multimedia

    *) Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan

    *) Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ)

    *) Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung

    *) Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional

    *) Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam

    *) Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat

    *) Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan

    *) Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawar kan

    *) Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan 
    promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi

    *) Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal

    Dengan melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah disebutkan 
    di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan 
    bisnisnya dengan cara:

    - Katalog online secara elektronis 
    – Komunikasi satu-satu dengan pelanggan 
    – Mendukung penjualan 
    – Dukungan purna jual produk atau jasa 
    – Mempertajam kehadiran perusahaan 
    – Iklan produk dan jasa 
    – Penelusuran order pelanggan 
    – Pendukung penelitian konsumen 
    – Rekruitmen tenaga kerja 
    – Transaksi secara elektronis 
    – Publikasi secara online 
    – Penyaluran barang atau distribusi 
    – Meningkatkan dana investasi 
    – Sumber bisnis dan jaringan pribadi 
    – Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online, komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi melalui video.

            I.            Aplikasi yang dapat diterapkan.

    1)       Mengadakan kursus online.

    2)       Menjual produk.

    3)       Menjual informasi.

    4)       Melakukan Pemasaran online.

    5)       Melakukan Rekruitmen tenaga kerja baru.

    6)       Melakukan Transaksi keuangan.

    7)       Menampilkan Iklan produk barang dan jasa.

    8)       Mendistribusikan barang.

    9)       Melakuakan Pemesanan tiket online.

    10)   Memasang Katalog online.

    11)   Dll.

          II.            Kesimpulan.

    Internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang, untuk bidang pendidikan, pemerintah, perbankan, penyuluhan kepada masyarakat, kesehatan, dan masih banyak lagi. Internet telah merevolusi cara dunia melakukan bisnis baik di tingkat lokal dan global. Dari cara mengumpulkan data untuk merekrut karyawan pada perusahaan, cara bisnis menggunakan Internet sangat banyak, sebagai manfaat dari Internet untuk komunitas bisnis. Orang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnisnya. Banyak perusahaan kecil dan besar telah memanfaatkan Internet demi menunjang bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis Online dimana semata-mata menjadikan Internet sebagai bisnis utama. Hal ini dapat mengurangi biaya administrasi dan meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi yang cepat dan mudah

    Adanya Internet ini mendobrak batasan ruang dan waktu. Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya Internet membuka peluang baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Istilah teleworker atau teleworking mulai muncul. Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa perlu pusing dengan masalah lalulintas. Kesemua hal di atas menunjukkan adanya peluang-peluang baru di dalam bisnis dengan adanya Internet. Hal ini dapat memperlancar proses bisnis

    Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan.

    http://ifastikes.blogspot.com/2012/05/manfaat-internet-dalam-dunia-wirausaha.html

    http://www.ubaya.ac.id/ubaya/articles_detail/28/Manfaat-Internet-untuk-Dunia-Bisnis.html

    http://sumarnirasyid-biges.blogspot.com/2012/05/manfaat-internet-bagi-dunia-usaha.html

    http://ardikurniawan0901093023.blogspot.com/2009/12/makalah-tentang-manfaat-internet-untuk.html